Mengetahui Kondisi Plat Kopling atau Kampas Kopling Mobil - Rental Mobil Pondok Cabe (Faiz Rent A Car)

Monday, November 10, 2014

Faiz Rental

Mengetahui Kondisi Plat Kopling atau Kampas Kopling Mobil

Cara mudah mengetahui kondisi plat kopling mobil atau kampas kopling mobil dan terkadang kita pemilik mobil ingin tahu dan bertanya kapan waktunya ganti kampas kopling mobil saya Ya?

Berikut artikel tentang langkah pemeriksaan kopling pada mobil atau cara mudah untuk periksa serta mengetahui kondisi kampas kopling mobil atau disc clutch, tetapi dengan catatan cara test untuk mengetahui kondisi kopling dengan cara dibawah ini sebaiknya jangan di lakukan terlalu sering karena akan mempercepat aus kampas kopling.
Karena pada akhirnya jika kampas kopling atau plat kopling sudah menipis atau plat kopling mau habis,mobil kita akan memberi tanda-tanda yang bisa di rasakan saat kita berkendara.

Gejala atau Tanda-Tanda Kopling Sudah Tipis

1. Putaran mesin rata – rata lebih tinggi contoh jika kopling normal jalan 60km/jam gigi 3 dengan rpm mesin 2000 rpm, tetapi karena disc clutch aus rpm yang biasanya 2000 menjadi 3000 rpm pada gigi 3 kecepatan 60km/jam.
2. Ketika mobil jalan di tanjakan tercium bau gosong dari kampas kopling yang mulai selip atau mobil tidak kuat nanjak.
3. Untuk kopling hidrolik yang menggunakan minyak kopling biasanya pedal kopling terasa lebih tinggi saat lepas pedal kopling dan Kopling terasa lebih berat dan mesin ngaung saat mobil mau jalan atau saat melepas pedal kopling serta kecepatan mobil lambat naiknya atau mungkin yang lebih parah adalah mobil tidak mau jalan saat lepas kopling.
Khusus point ke tiga sedikit cerita tentang mobil tidak mau jalan yang disebabkan oleh release bearing yang terus menekan matahari pada cover clutch.
Release bearing ini macet yang di sebabkan oleh kotoran atau serbuk kampas kopling.

Untuk tips mengatasi kopling berat karena release bearing tanpa turun kopling lihat Penyebab danTips Mengatasi Kopling Berat.

Cara Cek atau Periksa Kondisi Kampas Kopling Mobil

Cara cek kondisi kampas kopling mobil :
1. Mesin dihidupkan tarik rem tangan atau handrem,
2. Masukan gigi 1, lepas kopling perlahan kaki kanan dalam posisi menginjak rem dan gas perlahan,
3. Jika pedal kopling sudah terlepas tetapi mesin tidak mati maka kampas kopling sudah habis.
Dan sekali lagi ingat jangan lakukan ini berulang-ulang karena akan mempercepat keausan kampas kopling.



Faiz Rental

About Faiz Rental

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :